Sabtu, 22 Desember 2012

Bisnis Internet dengan SEO

hai sobat jumpa lagi di blog saya.
kali ini saya akan mengulas menggunakan SEO di blog yang kita buat langsung aja ya,,,
Belajar menggunakan SEO memang agak rumit dikit butuh kesabaran.
Saya tahu SEO mungkin merupakan hal yang tak mudah (bahkan mungkin menakutkan) bagi kebanyakan dari anda mengingat banyaknya yang perlu dipelajari…
tiga tahun yang lalu ketika saya dulu baru memulai, bagi saya SEO itu sendiri memang terasa agak misterius.

Namun setelah beberapa tahun membuat website, me-ranking-nya, dan memiliki sistem sendiri untuk mendapatkan ranking tinggi di google secara terus menerus, saya paham bahwa sebenarnya ada sains di balik search engine optimization.
Sebelum saya mulai dengan penjelasan panjang lebar mengenai cara saya untuk men-SEO website-website saya dan menjadikannya rangking satu (atau setidaknya halaman satu empat besar) di Google, saya ingin bikin disclaimerdulu…
Bahwa dengan mengikuti panduan yang saya tulis ini, saya TIDAK GARANSI anda bisa mendapatkan ranking tinggi di Google.

Hasil yang akan anda dapatkan akan sangat bergantung dari pengalaman anda, insting anda, ilmu anda, dan uang yang anda punya di kantung anda untuk membeli hal-hal yang dibutuhkan untuk dapat ranking tinggi di Google (yups, SEO KADANG tidak gratis).
Dan bahwa meskipun saya sudah berusaha sebaik mungkin untuk menyediakan informasi selengkap apapun untuk post ini, tetap saja saya yang agak bisa dikit ini TIDAK tahu semuanya.
Resiko untuk menggunakan informasi yang ada di halaman ini 100% ada di tangan anda.
Dan dengan disclaimer tersebut, yuk kita mulai panduannya…
Cara SEO Website 

Di panduan SEO kita kali ini, saya akan bicarakan teknik SEO ala saya.
Dan jujur, teknik saya lumayan kompleks — anda mungkin banyak tidak mengerti beberapa istilah dalam panduan ini, dan proses optimisasi yang saya lakukan selalu saya dasarkan pada keyword research yang kuat, jadi tidak sembarangan optimasi.
Secara garis besar, ini yang biasanya saya lakukan:

·         Keyword Research, mencari keyword dengan potensi pencarian yang tinggi dan kompetisi rendah hingga sedang, penentuan keyword utama dan keyword-keyword pendukung, kemudian membuat skala prioritas.
·         On Site SEO, proses pembuatan situs dengan struktur berdasarkan hasil keyword research, pemasangan theme WordPress yang teroptimisasi dengan baik, peletakan elemen SEO seperti title tag, header tag, dan lain-lain yang berkaitan dengan keyword utama pada situs.

·         Off Site SEO, proses membangun backlink dan authority domain, meliputi membangun social profile di situs sosial populer, social bookmark, pembelian backlink PR tinggi, dan penggunaan backlink massal.
Dan yups, tiga hal itulah yang akan kita bahas di post kita kali ini…
#1 Keyword Research Sebagai Pondasi Rangking Tinggi ,dan siapapun anda pasti ingin blognya pada di posisi atas kan, nah pelajari pelan pelan tehniknya ya,,,  :D

Hal pertama yang harus anda sadari adalah anda harus MEMILIH keyword terlebih dahulu, keyword dimana anda ingin situs anda rangking tinggi di Google.
Anda sedari awal harus MENGERTI dengan JELAS, KEYWORD APA yang akan anda incar dan akan anda jadikan sebagai keyword utama untuk situs anda.
Anda TIDAK BISA ranking untuk semua keyword yang anda mau.
Sumber daya anda terbatas, sementara keyword yang anda ingin untuk situs anda bisa ranking tinggi mungkin sangat banyak, jadi anda harus PILIH beberapa keyword sebagai incaran awal anda.

Dan kebanyakan orang bahkan tidak tahu mereka harus punya keyword untuk diincar…
Jika anda sudah punya keyword untuk diincar, selamat anda sudah lebih baik daripada 50% internet marketer di luar sana.
Jadi, pikirkan masak-masak terlebih dahulu kira-kira anda mau buat situs tentang apa, tujuannya apa, siapa orang yang anda incar, dan apa kira-kira keyword yang bakal diketikkan oleh calon pengunjung anda di mesin pencari.

misalnya anda buat kata yang sederhana tapi bakal di cari orang,katakanlah Tukang pijat tradisional
tukang sol sepatu panggilan
tukang sunat,atau jenis masakan dan aneka makanan.ini akan menjadikan rujukan di blog anda.

Hal kedua yang juga perlu anda sadari adalah bahwa keyword yang anda pilih harus memiliki tingkat kompetisi yang BISA anda TAKLUKKAN.
Ini SUPER PENTING mbaknya Penting .
Kebanyakan pemula cukup lugu untuk mengira bahwa situsnya bakal bisa ranking di keyword-keyword super kompetitif seperti “make money online”, “credit repair”, “buy guitar” atau keyword-keyword super kompetitif lainnya.
Anda harus tahu bahwa di luar sana ada orang yang tak segan-segan mengeluarkan ratusan juta rupiah per tahun untuk memastikan bahwa tidak ada yang mengganggu posisi mereka di search engine.
Bagi mereka ratusan juta rupiah per tahun adalah kecil karena mereka mendapatkan milyaran rupiah per tahun dari ranking yang mereka miliki di Google.
Kesalahan dalam melakukan keyword research yang menjadikan anda mengincar keyword kompetitif akan menjadikan situs anda tanpa trafik untuk jangka waktu yang LAMA sekali…
Dan besar kemungkinan anda akan putus asa di tengah jalan tanpa pernah mendapatkan trafik seekor pun.
Anda bisa mengetahui apakah ada kompetisi untuk keyword tertentu dan seberapa keras kompetisi anda dengan cara melakukan pencarian sederhana di Google untuk keyword yang anda target.
Golden Rules: Jika ada banyak halaman yang teroptimisasi (keyword di title tag, URL, dan meta description), maka bisa dipastikan ada banyak kompetisi untuk keyword tersebut.
Untuk kerasnya persaingan anda bisa gunakan tools seperti Majestic SEO untuk menganalisis link profile dari situs saingan-saingan anda.

Hal ketiga yang harus anda tahu juga adalah bahwa keyword-keyword yang anda incar, selain memiliki kompetisi di tingkat yang bisa anda handle, juga harus memiliki potensi trafik yang menguntungkan buat anda.
Bukan berarti anda harus mencari trafik dengan monthly searches ratusan ribu per bulan, yang penting adalah bahwa trafik anda layak, dan trafik anda punya search intention untuk belanja sesuatu dari anda.
Ingat, SEO hanya sarana untuk mendapatkan trafik.
JANGAN hanya melakukan SEO hanya untuk ranking tinggi. Ranking tinggi untuk keyword bergengsi yang jarang dicari orang tidak apa, asal jangan sering-sering.
SEO anda harus berfokus pada keyword yang MENDATANGKAN TRAFIK… dan memiliki KUALITAS TRAFIK yang anda inginkan.
Alasan Kenapa Keyword Research itu Penting dalam SEO

Keyword research penting karena jika anda payah dalam hal ini, perjuangan untuk mendapatkan banyak trafik akan SEPULUH KALI LIPAT lebih sulit.
Dalam setiap keyword research, saya selalu mencari minimal 2 keyword utama dan minimal 10 keyword pendukung.
Monthly search traffic dari semua exact keyword tersebut digabungkan harus lebih dari minimal 2.000 traffic.
Jika kurang saya akan cari keyword lagi sampai cukup.
Setelah itu, saya akan perhatikan kompetisi dan potensi trafik yang ada untuk masing-masing keyword.
Dari situ saya akan menentukan skala prioritas.

Keyword-keyword yang paling mudah dan memiliki potensi trafik yang layak, bakal saya target terlebih daripada keyword yang lebih sulit.
Kemudian saya akan buat beberapa halaman pilar di situs saya untuk mentarget keyword-keyword mudah tersebut. Halaman pilar adalah halaman berisi artikel super powerful, lengkap, dan teroptimasi dengan baik untuk keyword-keyword gampang.
Artikel pilar seperti ini sangat disukai oleh Google dan akan sangat mudah ranking tinggi untuk keyword-keyword yang minim kompetisi selama anda melakukan on-page SEO dengan baik.
Dengan demikian saya akan memiliki initial traffic secara cepat, yang memungkinkan saya untuk membangun domain authority melalui LIKES dan TWEET serta memungkinkan saya untuk mendapatkan dana untuk membiayai proses SEO untuk keyword-keyword utama yang lebih sulit.
Bayangkan jika saya asal bikin situs tanpa proses keyword research yang lengkap, mungkin saya akan amat susah payah dalam mendatangkan beberapa pengunjung per hari.
Bahkan saya mungkin harus buat puluhan artikel hanya untuk mendapatkan beberapa puluh pengunjung per hari.
Oh iya, by the way, tools yang saya pakai untuk keyword research tak lain dan tak bukan hanyalah Google Keyword Tools (sekarang sudah ganti jadi Google Keyword Planner)
#2 On Site Optimization Sakti untuk Rank Tinggi
Ada banyak hal sebenarnya yang perlu diperhatikan dalam on site optimization, tapi anda tidak perlu tahu semuanya…
Anda hanya perlu tahu beberapa yang paling penting.
Tiga hal yang menurut saya paling utama dalam proses ranking tinggi di search engine adalah relevansi, user experience, dan crawlability (indexation).silahkan baca lagi kelanjutanya,,,cara melakukan on page SEO




Tidak ada komentar:

Posting Komentar